Beranda Sains & Teknologi Hari Ini, Fenomena 'Supermoon' Terjadi

Hari Ini, Fenomena 'Supermoon' Terjadi

Hari ini fenomena bulan purnama Supermoon akan terjadi, dimana Bumi, Matahari, dan Bulan akan sejajar sehingga menciptakan tiga peristiwa langit.

0
294
Hari ini fenomena bulan purnama Supermoon akan terjadi, dimana Bumi, Matahari, dan Bulan akan sejajar sehingga menciptakan tiga peristiwa langit.

CARAPANDANG - Hari ini fenomena bulan purnama Supermoon akan terjadi, dimana Bumi, Matahari, dan Bulan akan sejajar sehingga menciptakan tiga peristiwa langit.

Menurut data BRIN, bulan purnama kali ini juga bertepatan dengan supermoon. Kala fenomena itu terjadi, bulan akan tampak 14% lebih besar dan juga 30% lebih terang dari biasanya.

Supermoon diartikan sebagai fenomena astronomi dimana bulan purnama terlihat lebih besar dan terang dari biasanya. Hal ini terjadi ketika bulan purnama terjadi pada saat orbitnya paling dekat dengan Bumi.

Menurut NASA, istilah "supermoon" diciptakan oleh astrolog Richard Nolle pada tahun 1979 untuk menggambarkan bulan purnama yang terjadi ketika bulan berada "dalam jarak 90 persen dari jarak terdekatnya dengan Bumi."

Intinya, Bumi, Bulan, dan Matahari semuanya berada dalam satu garis pada titik ini. Di ujung lain spektrum penampakan bulan adalah bulan mikro – ketika bulan purnama terlihat sangat kecil dan kusam karena bertepatan dengan titik orbit bulan saat terjauh dari Bumi. 

Dilansir dari AlJazeera, di banyak tempat, bergantung pada zona waktu, masyarakat akan berkesempatan menyaksikan panen bulan, supermoon, dan gerhana bulan saat bulan purnama terbit.

Menurut NASA, bulan purnama diartikan sebagai momen ketika bulan berada tepat 180 derajat berlawanan dengan matahari. Selama ini, matahari hampir menyinari seluruh satelit bumi.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait