Beranda Politik Basuki Hadimuljono: Pelepasan Satwa Jaga Ekosistem Alam IKN

Basuki Hadimuljono: Pelepasan Satwa Jaga Ekosistem Alam IKN

Penghijauan dan pelepasan Satwa upaya menjaga ekosistem alam di Ibu Kota Nusantara (IKN), hal itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

0
326
Penghijauan dan pelepasan Satwa upaya menjaga ekosistem alam di Ibu Kota Nusantara (IKN), hal itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

CARAPANDANG - Penghijauan dan pelepasan Satwa upaya menjaga ekosistem alam di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat memandu kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Maruf Amin di IKN, Sabtu (14/9/2024).

Ibu Iriana dan Ibu Wury  beserta anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era  Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) meninjau  Embung MBH IKN.  Embung MBH kepanjangan dari Muhammad Basuki Hadimulyono, dimana dilakukan pelepasan 300 ekor burung serta penyebaran 350 benih ikan nila merah.

Menteri Basuki mengatakan pembangunan embung di IKN tidak hanya sebagai lansekap atau estetika (keindahan). Tetapi juga upaya konservasi sumber daya air dan  pelepasan burung serta benih ikan  diharapkan dapat menjaga ekosistem alam.

"Dengan demikian konsep forest city dan livable city akan terus dapat kita wujudkan untuk IKN  kedepan," kata Basuki.  Embung MBH memiliki kapasitas tampung sekitar 66.000 meter kubik dengan kedalaman 5-6 meter yang berfungsi menampung air hujan.

"Pembangunan embung-embung ini tidak menggali tanah, tetapi memanfaatkan riparian untuk menampung  run- off (limpasan air permukaan) sesuai dengan konturtanah. Selain itu juga dilakukan penanaman pohon Pule (alstonia scholaris) sebagai upaya mendukung pelestarian lingkungan," ujarnya.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait