Beranda Internasional Recep Tayyip Erdogan Menangkan Pilpres Turki 2023

Recep Tayyip Erdogan Menangkan Pilpres Turki 2023

Hasil resmi yang diumumkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK)

0
1,866

CARAPANDANG - Recep Tayyip Erdogan memenangkan Pilpres Turki 2023, mengalahkan pemimpin oposisi Kemal Kilicdaroglu dalam pemilihan putaran kedua pada Minggu (28/5/2023). Hasil resmi yang diumumkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) pada Minggu menunjukkan Erdogan menang dengan 52,14 persen suara, sementara Kilicdaroglu menerima 47,86 persen.

Berbicara kepada ribuan pendukungnya di luar kompleks kepresidenan di Ankara, Erdogan mengatakan bahwa sekaranglah waktunya untuk mengesampingkan semua perdebatan dan konflik terkait periode pemilu dan bersatu dalam tujuan dan impian nasional.

"Kami bukan satu-satunya pemenang, pemenangnya adalah Turki.

Pemenangnya adalah semua bagian dari masyarakat kita, demokrasi kita adalah pemenangnya," kata Erdogan yang akan memimpin kembali dalam lima tahun mendatang seperti dilansir CNN, Senin (29/5).

Erdogan mengatakan di antara prioritas utama pemerintah adalah memerangi inflasi dan menyembuhkan luka akibat bencana gempa 6 Februari yang merenggut lebih dari 50.000 nyawa di Turki dan negara tetangga Suriah.

Adapun Kilicdaroglu yang berbicara di markas partainya di ibu kota Ankara mengatakan bahwa dia akan terus berjuang sampai ada demokrasi sejati di Turki. "Ini adalah periode pemilihan yang paling tidak adil dalam sejarah kami… Kami tidak tunduk pada iklim ketakutan," katanya.

"Dalam pemilihan ini, keinginan rakyat untuk mengubah pemerintahan otoriter menjadi jelas terlepas dari semua tekanan."

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait