Beranda Ekonomi Putusan BI Bawa Rupiah Kuat Dalam Pekan Ini

Putusan BI Bawa Rupiah Kuat Dalam Pekan Ini

Penguatan rupiah pekan ini membawa rupiah kembali ke level psikologis Rp15.500

0
1,229
Istimewa

CARAPANDANG - Nilai tukar rupiah dalam melawan dolar Amerika Serikat (AS) tetap kuat pada sepanjang pekan ini, kendati sempat loyo dalam tiga hari.

Penguatan rupiah pekan ini membawa rupiah kembali ke level psikologis Rp15.500. Melansir data Refinitiv, pada akhir perdagangan Jumat (23/2/2024) rupiah ditutup di posisi Rp15.590, melemah tipis 0,03% secara harian, akan tetapi dalam basis mingguan masih menguat sebesar 0,16%.

Penguatan mingguan tersebut membuat rupiah berhasil bertahan di zona penguatan selama empat pekan beruntun.

Apresiasi rupiah disinyalir berkat langkah Bank Indonesia (BI) yang tetap menahan suku bunga acuan kendati ketidakpastian pasar keuangan global masih cenderung tinggi.

Sebagaimana diketahui, Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga acuan di level 6,00% pada bulan ini. Tingkat suku bunga BI Rate di level 6,00% sudah berlaku sejak Oktober 2023.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keputusan mempertahankan BI Rate pada level 6% tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability.

"Yaitu untuk penguatan stabilisasi nilai tukar rupiah serta langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5±1% pada 2024," kata Perry saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait