Beranda Jalan-jalan Menyusuri Mahakam Untuk Rasakan Denyut Samarinda

Menyusuri Mahakam Untuk Rasakan Denyut Samarinda

sungai terpanjang di Bumi Etam, julukan Kaltim. Alirannya berhulu dari kaki Gunung Cemaru di bagian tengah Pulau Kalimantan

0
1,312
Istimewa

CARAPANDANG - Samarinda sebagai ibu kota Kalimantan Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, merupakan daerah kaya dengan sumber daya alam. Letak kota yang didirikan pada 21 Januari 1668 itu sekitar tiga jam perjalanan darat dari Balikpapan ke arah timur melewati hutan Bukit Suharto atau sekira satu jam jika melintasi jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Hal menarik dari kota berpopulasi sekitar 856.360 jiwa ini adalah lokasinya yang bersisian dengan Mahakam, sungai terpanjang di Bumi Etam, julukan Kaltim. Alirannya berhulu dari kaki Gunung Cemaru di bagian tengah Pulau Kalimantan, mengalir sejauh 980 kilometer dan berakhir di Selat Makassar.

Mahakam juga membelah Samarinda menjadi dua, satunya lagi kerap disebut sebagai Samarinda Seberang. Sungai ini menjadi urat nadi kehidupan masyarakat Samarinda dan gerbang menuju pedalaman dan belantara Kaltim. Mahakam juga digunakan sebagai jalur transportasi air menuju daerah di seputar Samarinda.

Selain itu, perusahaan-perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di seputar Kaltim menggunakan alirannya untuk lalu lalang puluhan tongkang yang mengangkut ribuan ton emas hitam tersebut setiap harinya. Sungai ini juga menjadi habitat mamalia air tawar yang hampir punah, pesut mahakam (Orcaella brevirostris).

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait