SHARE

Bupati Pohuwato Tandatangani MOU Kerjasama dengan UNISA Palu di Bidang Pendidikan

Liputan : Hamid Toliu

CARAPANDANG [POHUWATO] - Tindaklanjut audensi yang dilakukan Yayasan Alkhairaat Pusat, Palu dan Universitas Alkhairaat, Palu, Sulawesi Tengah dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga pada awal Maret lalu mengenai kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat telah diwujudkan dengan dilakukannya penandatanganan MoU antara pemda pohuwato dengan unisa, palu. Nota kesepahaman antara pemda kabupaten pohuwato dengan universitas alkhairaat (Unisa), Palu dilakukan Bupati Saipul A. Mbuinga dengan Rektor Unisa Palu, Dr. Umar Alatas,S.Pi.,M.Si di gedung pertemuan Unisa, Jum’at, (13/5/2022). 
Dikatakan bupati, wujud keseriusan dari kerjasama ini maka penandatanganan MoU telah dilakukan di Unisa Palu itu sendiri. ”Ia, kedatangan kami ke Unisa bersama dengan sejumlah Anggota DPRD dan pimpinan OPD beserta camat. Olehnya diharapkan kerjasama ini dapat diseriusi oleh kedua belah pihak. Disamping itu kehadiran kami di Palu juga serangkaian dengan kegiatan Haul Guru Tua atau pendiri pesantren Alkhairat yang dua tahun kemarin tidak dilaksanakan oleh karena masih dalam suasana pandemi covid-19”,terang Bupati Saipul. 
Bupati pohuwato juga berharap agar penandatangan MoU ini dapat ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara perangkat daerah dan fakultas yang ada sesuai kewenangan tugas dan fungsi masing-masing.
Berdasarkan RPJMD kami periode 2021-2026 jelas Bupati Saipul Mbuinga, visi yang ditetapkan adalah terwujudnya pohuwato sehat, maju dan sejahtera. Dari 3 kata kunci tersebut, banyak hal yang implementasinya bisa terkait dengan peran-peran perguruan tinggi, termasuk dengan unisa ini. Olehnya diharapkan kedepan ada hal-hal yang bisa segera nampak, baik dalam bentuk program maupun kegiatan-kagiatan lainnya. 

Whats-App-Image-2022-05-14-at-10-08-53
Sebelumnya, Rektor Unisa Palu, Dr. Umar Alatas menyampaikan selamat datang di unisa, palu. Kesediaan bupati bersama rombongan menjadi satu kehormatan bagi unisa. ”Di Unisa ada 7 fakultas dan 13 program studi. Dengan pohuwato kita sudah sama-sama bekerja yang dibuktikan adanya mahasiswa yang kuliah di Unisa, dan pada hari kembali diperkuat dengan kerjasama. Yang menarik di pohuwato adalah program satu kecamatan satu dokter, dan di kami (Unisa) ada fakultas kedokteran”,ungkap rektor.
Ditambahkan Dr. Umar, secara emosional kabupaten pohuwato dengan unisa dan alkhairaat pada umumnya tidak diragukan lagi, contohnya di pohuwato ada 4 alkhairaat. Semoga kedepan apa yang diharapkan bisa tercapai dan kami dari pihak unisa siap menindaklanjuti MoU tersebut. 

Tags
SHARE