Beranda Internasional Varian Baru Mpox Terdeteksi di Jerman

Varian Baru Mpox Terdeteksi di Jerman

0
169
Infeksi varian baru mpox clade 1b terdeteksi untuk pertama kalinya di Jerman.

CARAPANDANG - Infeksi varian baru mpox clade 1b terdeteksi untuk pertama kalinya di Jerman. Pernyataan ini diumumkan oleh otoritas kesehatan Robert Koch Institute pada hari Selasa (22/10/2024), dilansir dari Voice of America.

Infeksi tersebut berasal dari luar negeri dan teridentifikasi pada hari Jumat (18/10/2024) lalu. Meskipun demikian, institut tersebut tidak melihat adanya peningkatan risiko untuk Jerman, namun mereka tetap memantau situasi dengan ketat.

Mpox adalah penyakit virus yang mirip dengan cacar. Mpox ditandai dengan gejala demam, nyeri tubuh, pembengkakan kelenjar getah bening, serta ruam yang berkembang menjadi lepuhan.

Penyakit ini memiliki dua subtipe utama, yaitu clade 1 dan clade 2. Pada Mei 2022, clade 2 menyebar secara global dan ditetapkan sebagai status darurat kesehatan masyarakat internasional oleh WHO.

U
paya vaksinasi dan kampanye kesadaran di banyak negara berhasil menekan jumlah kasus secara global. WHO mencabut status darurat pada Mei 2023 setelah melaporkan 140 kematian dari sekitar 87.400 kasus.

Namun, pada tahun ini, terjadi wabah baru di Republik Demokratik Kongo (DRC). Selain clade 1 yang umumnya menyerang anak-anak, varian baru clade 1b juga muncul di DRC.

Kasus varian clade 1b juga ditemukan di negara-negara sekitar seperti Burundi, Kenya, Rwanda, dan Uganda, yang sebelumnya belum pernah melaporkan kasus mpox. WHO kembali mengeluarkan status darurat internasional pada Agustus lalu.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait