Beranda Kabupaten Pohuwato Upacara Penetapan Waktu dan Pawai Obor Tradisi Sambut Hari Kemerdekaan

Upacara Penetapan Waktu dan Pawai Obor Tradisi Sambut Hari Kemerdekaan

Bupati Saipul Mbuinga mengatakan bahwa upacara taptu dan pawai obor ini merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan di detik-detik menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79.

0
303
Bupati Saipul Mbuinga mengatakan bahwa upacara taptu dan pawai obor ini merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan di detik-detik menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79.

POHUWATO, CARAPANDANG - Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor merupakan tradisi setiap menyambut Hari Kemerdekaan. Kegiatan yang dipusatkan di halaman Makodim 1313 Pohuwato dihadiri Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi, Dandim 1313 Pohuwato, Letkol Inf. Aribowo Dwi Hartanto,S.IP.,M.IP, unsur Forkopimda Pohuwato, Sekda Iskandar Datau, Basarnas Pohuwato, staf ahli bupati, pimpinan OPD, serta unsur TNI dan Polri, Jum’at, (16/08/2024).

Bertugas sebagai inspektur upacara yakni Dandim 1313 Pohuwato, Letkol Inf. Aribowo Dwi Hartanto,S.IP.,M.IP. Pada Upacara Taptu itu, Dandim 1313 Pohuwato secara simbolis memasang obor dari dua perwakilan siswa yang selanjutnya dipasang pada obor siswa lainnya. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan pawai obor oleh Dandim 1313 Pohuwato, Letkol Inf. Aribowo. 

Dikonfirmasi, Bupati Saipul Mbuinga mengatakan bahwa upacara taptu dan pawai obor ini merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan di detik-detik menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79. Hal tersebut sebagai upaya mengingat kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan.

Ia menambahkan, kegiatan taptu dan pawai obor ini juga sebagai salah satu cara untuk mengobarkan semangat para generasi muda untuk terus menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.”,ujar Bupati Saipul Mbuinga.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here