Beranda Umum Hidupkan Industri Kendal dan Batang Lewat Aliran Gas Cisem

Hidupkan Industri Kendal dan Batang Lewat Aliran Gas Cisem

Suplai gas bumi ke industri dan rumah tangga menjadi penting untuk kelangsungan hidup khalayak ramai

0
1,291
Istimewa

CARAPANDANG - Suplai gas bumi ke industri dan rumah tangga menjadi penting untuk kelangsungan hidup khalayak ramai. Untuk itu, pemerintah bersama para produsen dan transportir gas terus mengupayakan pasokan gas ke masyarakat. Permintaan gas meningkat seiring dengan tumbuhnya pusat-pusat industri dan permukiman.

Pasokan gas di Jawa masih menjadi kunci pertumbuhan industri nasional. Seperti proyek pipa transmisi gas bumi ruas Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap I meliputi pipa ruas Semarang-Batang siap mengalirkan gas bagi 26 perusahaan di Kawasan Industri Khusus (KIK) Kendal, Jawa Tengah. Total kebutuhan gas di kawasan itu hingga 2026 mendatang mencapai 39,42 MMSCFD.

Selain itu, gas juga akan mengalir ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dengan proyeksi kebutuhan gas 25,83 MMSCFD dari 14 perusahaan di KITB Fase I hingga 2028, serta kawasan-kawasan industri lainnya di sepanjang pipa transmisi Cisem tahap 1.

Menyikapi proyek tersebut, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Dirjen Migas ESDM) Tutuka Ariadji menyatakan, proyek strategis nasional pemerintah ini sangat penting dilakukan sebagai milestone pengembangan industri gas bumi nasional.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait